Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 14 Mei 2010

PORT TERMINAL OPERATION

Terminal Peti Kemas Operasi dan Penanganan Cargo

Terminal Kontainer ditujukan untuk penanganan, penyimpanan, dan mungkin loading
atau bongkar muat kargo masuk atau keluar dari kontainer, dan di mana kontainer dapat
mengangkat, menurunkan, dipelihara, disimpan, atau dimuat atau dibongkar dari satu mode
transportasi lain (yaitu, kapal, truk, kapal, atau kereta api).
Gambar 1. Container Terminal
terminal kontainer Dunia diklasifikasikan menjadi lima kategori dengan kepemilikan mereka:
terminal publik, carrier-disewakan khusus terminal, terminal operator dibangun dan
operasi terminal, operator dibangun dan terminal operasi, dan usaha bersama
operator dan operator terminal. Karakteristik operasi dari lima pola
ditetapkan sebagai berikut.
Terminal Publik
Semua jalur pelayaran saling berbagi fasilitas publik di terminal
beban dan pemakaian, dan dikenakan tarif, secara umum dengan 'pertama
datang, pertama melayani 'prinsip dan tanpa prioritas apapun dalam penggunaan tempat tidur kecuali membayar
prioritas tol. Kontainer penanganan dan biaya lainnya dihitung pada tarif umum
Universitas Nasional Taiwan Ting Eric Samudera
Departemen Perhubungan dan Ilmu Pengetahuan Navigasi
2
harga diskon harga, atau dibayar pada kuantitas dalam hal volume kontainer adalah selama tetap
kuantitas yang telah disepakati dalam kontrak. Singapura (PSA sebelum tahun 1997), Busan, Keelung
dikategorikan ke dalam pola operasi.
Carrier-sewa terminal khusus
Operator menandatangani kontrak sewa jangka panjang dengan otoritas pelabuhan untuk mereka sendiri
eksklusif digunakan. Operator membayar uang sewa dan biaya fasilitas dan otoritas pelabuhan
operator berhak kontrak ke kanan dan prioritas dalam penggunaan dermaga. Carrier bisa
berhak untuk membeli atau memasang fasilitas penanganan kontainer di akun sendiri untuk
kompensasi untuk sewa dan biaya fasilitas. Karena pelayanan bersama antara
pelayaran, single user kontrak jangka panjang ini akan dipindahkan ke multi-user
kontrak sehingga penggunaan beberapa jalur pelayaran saham terminal. Kaohsiung,
Keelung (beberapa bagian pelabuhan), Kobe, Yokohama, Tokyo dikategorikan menjadi
pola operasi.
Terminal-terminal operator dibangun dan operasi
Dengan membuat deposit dan mengalokasikan kepada otoritas pelabuhan secara proporsional dengan jumlah
biaya penanganan yang telah disepakati dalam kontrak, sewa operator terminal kontainer
terminal atau berinvestasi secara langsung dalam pembangunan, pengoperasian terminal kontainer
dan penanganan fasilitas. Hong Kong (HIT, MTL, CHt), Shanghai (SCT), Tianjin
(CSXOT), Singapura (PSA setelah 1997) yang dikategorikan ke dalam pola operasi.
Carrier dibangun dan terminal operasi
Dengan membuat deposit dan mengalokasikan kepada otoritas pelabuhan secara proporsional dengan jumlah
biaya penanganan yang telah disepakati dalam kontrak, carrier atau beberapa operator sewa
terminal kontainer atau berinvestasi secara langsung dalam pembangunan, pengoperasian kontainer
terminal dan fasilitas penanganan. Kecuali penggunaan armada mereka, kapal-kapal induk yang
berhak untuk memberikan jalur pelayaran lainnya dengan berlabuh dan penanganan kontainer
layanan. Malaysia (PTP), Taipei Port (diinvestasikan oleh Yang Ming Line, Evergreen,
Wan-Hai), Qingdao (Zhunguang, Kuaikuei, Tiasing) yang dikategorikan ke dalam
pola operasi.
Joint venture dari operator dan terminal operator
Dengan membuat deposit dan mengalokasikan kepada otoritas pelabuhan secara proporsional dengan jumlah
biaya penanganan yang telah disepakati dalam kontrak, sebuah perusahaan patungan antara garis dan pengiriman
terminal operator membentuk perusahaan, atau membuat investasi bersama di leasing
terminal kontainer atau berinvestasi secara langsung dalam pembangunan, pengoperasian kontainer
Universitas Nasional Taiwan Ting Eric Samudera
Departemen Perhubungan dan Ilmu Pengetahuan Navigasi
3
terminal dan fasilitas penanganan. Shanghai (terminal Yangshan, Zhunghai
terminal), Shenzhen, Shekou.
Tempat tidur
Sebuah tempat di mana kapal adalah tertambat atau dijamin; tempat bersama dermaga di mana sebuah
beban atau pelepasan kapal kargo.
Petikemas (CY)
Sebuah penanganan kontainer dan fasilitas penyimpanan baik dalam pelabuhan atau pedalaman. CY adalah
tempat menyimpan barang pengangkut kontainer dan chassis, menerima atau memberikan
dimuat kontainer dan meminjamkan kontainer kosong atau menerima kembali kosong
kontainer.
Container freight station (CFS)
Sebuah pelabuhan kontainer khusus atau wilayah terminal, biasanya terdiri dari satu atau lebih
gudang atau gudang dan menemukan tempat penyimpanan di mana kargo dimuat
("Isi") ke dalam atau dibongkar ("dilucuti") dari kontainer dan mungkin sementara
disimpan dalam gudang atau gudang.
Customhouse
Sebuah kantor pemerintah di mana tugas yang dibayar, dokumen diajukan, dan sebagainya, pada
asing pengiriman.
Gudang berikat
Sebuah gudang resmi oleh pihak pabean untuk penyimpanan barang-barang di mana
tugas pembayaran ditangguhkan sampai barang akan dihapus.
Casis
Sebuah bingkai dengan roda dan kontainer mengunci perangkat untuk mengamankan kontainer untuk
gerakan.
Palet
Sebuah nampan datar, umumnya terbuat dari kayu, tapi kadang-kadang baja atau bahan lain, pada
yang barang dapat ditumpuk. Ada dua ukuran utama: kasur ISO, yang
ukuran 1 x 1,2 meter, dan europallet di 0,8 x 1,2 meter.
Universitas Nasional Taiwan Ting Eric Samudera
Departemen Perhubungan dan Ilmu Pengetahuan Navigasi
4
Kendaraan beroda
Sebuah crane tetap pada bingkai atau struktur mencakup ruang campur tangan biasanya
dirancang untuk struktur tetap melintasi seperti kargo (kontainer) tempat penyimpanan atau
dermaga dan yang digunakan untuk mengangkat kontainer atau kargo lainnya di dalam dan di luar kapal
dan tempat atau mengangkat dari kapal, tongkang, truk, chasis, atau kereta.
Penyebar
Sebuah bagian peralatan yang dirancang untuk mengangkat kontainer cor sudut mereka.
Rail-mounted gantry (RMG)
Rail-mounted gantry crane yang digunakan untuk penerimaan kontainer, pengiriman, dan menumpuk
operasi di lapangan kontainer.
Karet-lelah gantry (RTG)
Gantry crane di atas ban karet biasanya digunakan untuk penerimaan, pengiriman, dan kontainer
menumpuk di halaman kontainer.
Straddle carrier
Jenis peralatan yang mengambil dan mengangkut kontainer di antara kakinya untuk
gerakan dalam terminal kontainer.
Toplifter
Forklift mampu mengangkat kontainer melalui penyebar perusahaan truk.
Side loader
Sebuah truk mengangkat dilengkapi dengan lampiran operasi untuk mengangkat satu sisi untuk penanganan
kontainer.
Stackcar
Sebuah platform diartikulasikan mobil rel ganda yang memungkinkan kontainer menjadi ganda
ditumpuk.
Stacktrain
Sebuah layanan kereta api rel dimana mobil membawa dua kontainer ditumpuk tinggi khusus
unit dioperasikan kereta api.
Universitas Nasional Taiwan Ting Eric Samudera
Departemen Perhubungan dan Ilmu Pengetahuan Navigasi
5
Biaya kelebihan waktu berlabuh
Sebuah mengenakan denda terhadap pengirim atau penerima barang untuk menunda kapal induk
peralatan di luar waktu bebas diperbolehkan.
Angkat berat muatan
biaya ini biasanya dikenakan saat gigi pengangkat khusus diperlukan untuk menangani diberikan
sepotong kargo, yang mungkin baik berat atau dari dimensi besar (sering
disebut sebagai "ofgauge keluar" ketika berhadapan dengan kapal kontainer).
Biaya bongkar muat
Biaya untuk loading dan unloading stowing atau kapal.
Terminal handling charge (THC)
Sebuah biaya dibuat untuk layanan dilakukan di daerah terminal biasanya mengacu
penanganan yang terkait dengan penerimaan, pengiriman, atau pemeriksaan kargo lewat darat berbasis
operasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar